♥ ♥ ♥

Daisypath Anniversary tickers

May 2, 2013

Hello | Goodbye Little Peanut

Ya.. little peanut, calon anak kami.. yang ternyata 24 April lalu pamit menghadap Allah yg ternyata lebih sayang dengannya.

Soal kehadiran little peanut itu bener2 kejadian ga diduga ga dingana.. Rejeki emng ALLAH yg ngatur.. Jadi awal April itu ceritanya tuan suami tambah umur (dan tambah tua) tp tetep tambah ganteng doong, semenjak akhir maret, menjelang hari tambah (tua) umur suami, sebagai penyandang status istri baru (tentunya yang pertama dan terakhir) bawaannya genit banget mau ngasih birthday gift yg sesuai permintaan si suami, setiap ditanya pak suami mau hadiah apa, suamiku pasti akan selalu berucap " minta testpack garis 2 aja dech" .........! Yakkk kira-kira dimana bisa dibeli tuch testpack kayak gitu..tapii sebagai istri, saya tetap selalu mengAMINi setiap kali dy minta itu :)

Dan karna bu istri bingung mw beli dimana testpack kyk gitu, jdnya kejutannya diganti dengan mendadak (dangdut) nyusul ke bali pas pak suami lagi tour bareng-bareng temen kantornya... #cerita lengkapnya nanti yaa diceritakan, dilengkapi dengan foto-foto (syur) nyaaa jg#

Abis kelar dari bali, bu istri udah harus banting tulaang dong kerja lagi, tapi inget-inget ko perasaan si tamu bulanan udah hampir 1 bulan lebih ga dateng, waktu itu jg disertai mual dipagi hari tiap sarapan di hotel *apa saiya nya aja yg norak, biasa sarapan nasi uduk mendadak sarapan roti prancis * jadi sebelum sampe kantor mampir ke apotik sekedar beli testpack yg murah meriah ajah.

Daaaaaaaaaaaaan hasilnya testpacknya berubah jadi 2 garis...ga samar tapi jelas,,  beberapa detik rasanya dunia stop..!, terus nangis sambil ga berenti bilang alhamdulilah dalem hati, dan ngebatin bilang " Sayang, ternyata ALLAH mengabulkan permintaan ulangtahun kamu,, " bener-bener moment yang ga bisa dibayar pake apa-apa, ga bisa diganti sama apa-apa dan ga tersedia dimana-mana, rasanya bener-bener,,, bener-bener :D

Abis bingung sendirian di toilet kantor, rasanya mau kasih tau semuaa orang, tapi saking senengnya sampe bingung harus siapa aja yg dikasih tau .. dan gimana kasih taunya.  Pak suami cuma bs kasih via ym walaupuan rasanya ko ga seru yaa jadi ga bs liat expresinya secara langsung, " Sayang selamat, kamu bntr lagi jadi bapak, aku hamil ..!!! " dan balasan pak suami " Ahhh beneran,, serius... *disertai icon tidak percaya* " sungguh expresi yg tidak diduga (dan tidak diharapkan), tp emang gituu suami akuuuh, pelit expresi (tapi ga peli duit lhooo)  #Zonk..!! mana2 reaksi-reaksi kayak disinetron klw tau estrinya hamdan htt alias tekduk tralala..# *TertamparKenyataan....*

Pulangnya dibeliin pak suami testpack yang bagusan (walaupun mahalan jg)

Ibu suri juga ga kalah bahagia, as yangti beliau emng sangat mendambakan adanya cucu yg bener-bener anaknya buat sendiri. Daaan semua bahagia, #Terima Kasih little peanut.....

Cek punya cek ternyata si little peanut udah hadir sekitar 6 minggu (dan emaknya baru sadar sekarang, sunggu jangan ditiruuu yaaa!!!!), masihh keciiiil banget... tapi amazing banget liat ada bulatan kecil di dalem perut. Sebelum masuk ruang periksa bu istri udah pesen sama pak suami supaya nanti hasil usg nya difotoin, tapiii entah saking senengnya atau emng pak suami males, ga fotoin dooong...!!! waktu ditanya kenapa ga difoto waktu di usg, pak suami sekedar menjawab, " ngapain difoto, orang nanti hasi usg nya boleh diminta ko (lebih tepatnya minta dibayar supaya bisa dibawa pulang) "

Daaaan hari-hari berubah, semuaaa senang, semua bahagia, terutama ibu suri, sangaaaaat bahagia... (bagian ini sebenernya yg paling berat dari kehilangan ini) jadi dulu sepupu eikeh pernah "mewariskan" beberapa items perlengkapan bayi, dan semenjak tau little peanut udh ada, ibu suri paling semangat siap-siapin itu segala perlengkapan bayi,, ga banyak ko.. cuma bantal sm tmpt tidur bayi keciiil buat dimobil, tiap pulang kantor, pasti mama cerita tadi abis nyuci kain ini, terus dikasih pewangi biar wangi, and the bre and the bre.. pokoknya semua persiapan penyambutan si cucu kesayangan.
Soal makanan juga ibu suri paling ngurusin, tiap hari bumil muda disugihin aneka sayur bergizi, pkoknya segala makanan yg emng harus dimakan bumil muda. Selama hamil itu jg ga ada tuch rasanya mual muntah ( little peanut pinteeer... :') ), yg ada nafsu makan makin nambah yang berakibat kenaikan timbangan yg signifikan... 3 kg sajaaaaaa...!!!! #bhooooooo calon anak masih 6 week tp berat badan udh naik 3 kg,, dapet salam dari slimming tea..# yaaa mungkin semenjak tau hamil semua makanan jd disikat, tapi rata-rata makan sayur sih... lagi pula kan abis liburan kemaren, jadi wajaaar dooong #pembelaan diri....

Terus pak suamii gimana.. perhatian gaaa..??? Jawabannya, sangat banget sekali perhatian.. tiap pagi si bumil muda dbuatin sarapan, dbuatin susu hamil, dsiapin vitaminnya, semuaaaa hal dech diurusin sm pak suami, semua jempol kalau bisa dkasih deh buat dedikasi pak suami. #Makasih pak suami :)

Tapi ko rasa-rasanya bahagianya ga lama yaaa,, tepat 7 hari semenjak tau ada little peanut diperut, tiba-tiba muncullah si flek yang cuma seujung kuku tapi bisa buat hati dag dig dug.. Waktu pertama kontrol ke dokter, bidan pribadi (jd klw periksa di RS Hermina, kita dpt dampingan bidan pribadi yg setiap waktu boleh ditlp/dibbm buat nanya atau sekedar konsultasi) pernah bilang, ditrimester pertama hindari dekat-dekat sm hewan, terus kalau mau makan daging harus mateng soalnya klw enga takut ada virusnya, dan ga boleh ada darah, walaupun flek itu ga boleh... karna itu mungkin bisa jadi pertanda buruk buat kehamilan........ dan si flek itu datang sore itu...

Pulang kantor, sempet bbm'man sm si bu bidan cerita kalau aku ada flek sedikit, dan langsung disaranin bedrest total..!! istirahat, tiduran,,, jgn ngapa2in dan semua langsung saya lakukan.. semua panik, semua kuatir walaupun semua berusaha menangkan si bumil muda, klw itu ga kenapa-kenapa. Dan besoknya diputuskan kalau bumil istirahat aja dirumah dan bolos ngantor... tapi tetep aja si flek muncul, dan cendrung lebih banyak. Kali ini kuatirnya ga bisa dibohongin, langsung diputuskan ke dokter sorenya...

Dari hasil usg, dokter cuma bilang seharusnya di usia 7week, sudah bisa terditeksi denyut si janin, tp tidak untuk little peanut, terlihat dari expresi bu dokter yang terus-terusan berusaha konsen sambil liat denyut si little peanut, dan ternyata masih belum terditeksi... gimana rasanya waktu denger itu, cuma satu lah jawabannya SEDIH ..!! dan merasa gimana bisa, baru seminggu yang lalu dokter yang sama bilang kalau si little peanut ada dan sedang berkembang di rahim saya.. tp sekarang ko gini....... semua campur aduk, tapii dokternya baik, dia ga mau makin memperburuk situasi, dan bilang kita cek lagi yaa 2 minggu lagi, siapa tau baru terditeksi *makasih lhoo bu dokter doktrin positifnya* tapii yaa namanya yang namanya sedih, walaupun sejuta orang joget dangdut didepan mata tetep aja air mata ibarat kucuran air, tak tertahankan. Yakk emang si bumil muda cenggeng tukang nangis, dan ini beneran tangisan seorang calon ibu yang takuuuuut banget ada something wrong sm si calon anaknya.... Nangis keluar ruangan periksa dokter tanpa pamit, soalnya udh ga tahan, jd ibu suri yg lanjut ngobrol sm bu dokter soal si bumil galau ini... Tapi keluarnya ga sendirian, diikuti pak suami, yang saya yakin sama kuatirnya lebih dari bu istri secara dia harus mikirin 2 orang, si calon anaknya, dan si istrinya #peluk suamiiiku erat-erat...#

Start dari hari itu, rasanya edisi hari bahagianya udh abis, dan berlanjut ke edisi hari-hari kuatir dan hari-hari menangis, sedih tiap ke kamar mandi dan liat flek itu masih ada, tapi itu juga hari-hari dimana kami sebagai pasangan suami istri dan juga pasangan calon ayah dan ibu ga berhenti berdoa buat keselamatan little peanut.
Bu dokter kasih resep penguat janin, yang cara pakenya itu harus dimasukan lewat vagina, dan pak suami yang setiap malam selalu membantu bu istri untuk pake obat itu #peluk erat suamiii lagi# ...

Dari semua orang, saya yang paling lemah, paling sering nangis, dan paling sering takut. Dan dari semua orang juga pak suami yang paling kuat, paling sering kasih doktrin positif dihari-hari itu, sampai suatu hari sehabis sholat, saya mendengar dia menangis, menangis ditengah kepasrahannya sebagai laki-laki, menghadap ALLAH mungkin sembari meminta, atau mungkin memohon lebih tepatnya.. suami saya itu termasuk laki-laki pelit expresi, susah senang sedih terharu, wajahnya pasti yaa cuma begitu aja, tidak ada perubahan expresi yang signifikan.. tapi begitu melihat badannya terguncang, dan mendengar dia menangis, rasanya wajar, itu mungkin sudah diambang batas dia sebagai seorang manusia untuk berpasrah kepada ALLAH... Padahal sebelum-sebelumnya setiap saya nangis dia yang paling sering "marah" dan slalu bilang saya harus positif thingking.

Dan kemudian kami berbicara, berbicara dari hati ke hati, sebagai calon ayah dan calon ibu, pak suami cuma bilang " Mungkin di depan kamu, sebagai suami saya harus kuat, harus tetap dukung kamu supaya tetap semangat, tapi dihadapanNYA rasanya ga bisa kuat, aku takut, takut kalau dia pergi, aku kuatir kamu kenapa-kenapa " ,, yaa itu suami saya, entah seberapa besar kadar sayang dia sm istrinya, dan tentu juga sama calon anaknya. #makiin sayaang sm pak suami....
Entah kekuatan dari mana saya cm bisa bilang " Semua datang dari ALLAH sayang, little peanut ada karna ALLAH udh kasih approve dia ada, kalau ternyata ALLAH mau ambil dia, yaa harus ikhlas kan.. kan semua ALLAH yg punya "

Ya akhirnya si ikhlas itu datang, ikhlas itu datang saat saya merasa ko ga adil, hanya memikirkan diri sendiri, hanya nangis setiap kali, tanpa saya sadari mungkin suami saya lebih sedih karna dia mengkhawatirkan 2orang, tanpa saya sadari ibu saya pasti lebih terpukul kalau liat anaknya sedih terus, ikhlas itu datang saat saya lihat suami tanpa expresi saya menangis, benar-benar menangis hanya sekedar kuatir terjadi sesuatu yg buruk pada kami, dan ikhlas itu datang ketika (mungkin) ALLAH menyadarkan saya kalau semua itu pemberianNYA, dan kalaupun harus diambil kembali, pasti karna ada alasannya...

Flek itu masiih tetap ada, sampai 7 hari setelah saya datang ke bu dokter itu, setelah setiap malam saya rutin minum vitamin, dan pake obat penguat itu... dan tepat hari ke 8, bukan flek lagi yang keluar.. tapi darah, darah merah segar... dan perasaan saya akan kehilangan little peanut pun hadir...

Terus bu istri nangis gaaa...??? Enga,, jangan dikira ga sedih, sedihnya itu mungkin udah bisa 1juta kali lebih daripada liat flek pertama kali, tp di masa itu, ikhlasnya udah lebih besar mungkin..
Saya langsung dibawa ke rumah sakit, dan masih bisa jalan sendiri lhoo ke mobil, sampai rumah sakit jg sebenernya masih bisa jalan sendiri ke ruang observasi, tapi prosedurnya bilang harus pake kursi roda.. sampai ruang observasi saya masuk ke ruangan bersalin, bidan yg bertugas (yang sangat baik) membantu saya melihat kondisi terbaru saya, dan di saat itu mama menangis sambil memeluk saya... "Kenapa jadi begini naaak..." ,, bagian itu yg terberat, saya termasuk anak yg ga bisa liat orang tua saya menangis, apalagi mama yang nangis...!

Di ruang observasi pendarahan saya semakin banyak, dan bidan bertugas menemukan jaringan yg keluar buat saya semakin jadi pertanda kalau little peanut mau pamitan.. dan akhirnya diputuskan hari itu saya harus dirawat di RS, sembari bidan nya memantau perkembangan pendarahan saya nanti... dan waktu itu pak suami nangis lagi #ternyata suami aku cengeng juga.. dari semua orang saat itu mungkin cuma saya yg ga nangis, tp tetap berkaca-kaca, kembali bukan karna tidak sedih, tapi karna selama 7 hari kemarin little peanut sudah memberikan tanda-tanda kalau dia mau pamit....

Masuk ke ruang perawatan observasi, situasi semakin kurang nyaman, terutama karna saya #ALHAMDULILAH jarang masuk RS. Hari itu di RS itu ada 4 ibu senasib dengan saya, kehilangan janinnya,, salah satu pasien waktu itu harus dikuret, dan baru tauu ternyata proses kuret itu beda tipis sama tindakan operasi. Dalam hati bilang " Smoga ga sampe dikuret .... " dan bicara sama little peanut supaya kalaupun mau pamitan keluarlah dengan baik, tanpa sakit, jadi ibunya ga harus dikuret.....

Mungkin sekitar jam 2 siang, rasanya kebeeet pipis banget, dibantu bidan saya terpaksa pipis pake pispot, karna tidak boleh bangun dari tempat tidur, dan rasanya ada sesuatu yang keluar waktu itu, besar, dan firasat saya itu little peanut pamit ke ayah ibunya......

Jam 3 sore dokter datang dan memeriksa kondisi saya, mungkin bidan sudah memberitahukan perkembangan saya sebelumnya ke bu dokter, jadi saya langsung di usg untuk tau apa janinnya masih ada atau memang sudah tidak ada...


Dan hasilnya rahim saya sudah kosong ... bulatan kecil yang waktu usg pertama bisa saya lihat sudah tidak ada, little peanut sudah pergi, sudah pamit tanpa sakit, tanpa mules dan tanpa kuret... alhamdulilah rahim saya bersih .. #Terima Kasih little peanut...


Innalillahi Wa innalilallhi Roji’un "Sesungguhnya kita ini adalah milik Allah, dan pasti kita akan kembali kepada pemilik kita, Allah Ta’ala,"

Little peanut pamit kembali ke sisi ALLAH, setelah hampir 7 minggu hadir dirahim saya, memberikan kebahagiaan untuk semua, untuk yangti, untuk yangkung di surabaya, untuk om eca&tnte dian, untuk ayah, dan terutama untuk ibu.. :')
Sekarang little peanut tidur di keabadian tepat didepan rumah, dan sang ayah sendiri yang mengafani, dan mengali kuburannya.. suami saya HEBAT, sangat hebaaat..! Pasti tidak pernah terbayangkan harus ada situasi ini, dan dia tetap tegar, tanpa air mata :') # Makin sayang pak suami...


Terima kasih nak, untuk kehadiran kamu walaupun sebentar,
Terima kasih nak, untuk kebahagiaan yg sudah kamu bawa,, walaupun kamu masih berbentuk gumpalan darah dirahim ibu...
Terima kasih nak, karna kamu sudah memberitahukan secara tidak langsung ada banyak orang-orang baik yang perduli terhadap ibu...
Terima kasih nak, untuk pamit tanpa sakit, tanpa mules, tanpa pendarahan berat.. 
Dan terima kasih untuk pelajaran ikhlas yang secara tidak langsung kamu ajarkan ke kami, ke ayah, ke ibu dan ke semua...
Terima kasih little peanutku :')
Sampai bertemu suatu hari nanti nak .... 


3 komentar:

Annisa said...

Haiii.. salam kenal yaaa... aku mau share pengalaman aku, 1th lalu aku ngalamin yang kamu rasain sekarang, meski mulut bilang ikhlas tapi hati kadang suka gak ikhlas apalagi saat itu liat teman-teman deket aku yang baru nikah langsung tekdung, rasanya pengen ngejerit penuh drama hahaha.. yatapi aku mikir aku gak bisa kaya gini terus-terusan :))) saat itu aku mikir pasti ada rencana Allah yang indah dibalik semua ini, 3bulan kemudian ternyata aku dan suami kembali diberi kepercayaan oleh Allah SWT dan Alhamdulillah.. meski melalui hari-hari penuh perjuangan selama lebih kurang 8bulan, lahirlah bayi mungil itu 2minggu yang lalu :)))
Percaya deh.. skenario Allah SWT itu pasti indah.. in shaa Allah kamu segera kembali diberi kepercayaan oleh Allah SWT
semangat terus mencoba... toh enak inih bikinnya #ehhh... hahaha

blog dana said...

haloo.....
Yang sabar ya. namanya juga cobaan dari Allah

yuni astutik said...

Sabar ya mbak... semoga ALLAH memberikan tempat terbaik buat little peanut

Post a Comment